News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dunia pun Mengakui Anies Baswedan, Hingga Disejajarkan dengan Vladimir Putin, Lee Kuan Yew dan Mark Zuckerberg

Dunia pun Mengakui Anies Baswedan, Hingga Disejajarkan dengan Vladimir Putin, Lee Kuan Yew dan Mark Zuckerberg

 


Prestasi Anies Baswedan tidak hanya di tingkat nasional. Namun, mantan rektor Paramadina tersebut juga disejajarkan dengan tokoh-tokoh dunia. 

Majalah Foresight pernah menyandingkan Anies Baswedan dengan tokoh sekaliber Vladimir Putin.

Dalam edisi khusus yang berjudul '20 Orang 20 Tahun', itu Foresight mengulas 20 tokoh yang diperkirakan bakal menjadi perhatian global karena mereka akan sangat berperan dalam perubahan dunia dua dekade mendatang. 

Nama Anies dicantumkan bersama 19 tokoh dunia lain seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, Menlu Inggris David Miliband, anggota Parlemen dan Sekjen Indian National Congress India Rahul Gandhi, serta politisi muda Partai Republik dan anggota House of Representative AS, Paul Ryan.

 "Anies adalah seorang muslim moderat yang sampai saat ini tetap konsisten pada pendiriannya untuk tidak memihak pada kekuatan (politik) tertentu," tulis Foresight (http://www.shinchosha.co.jp/foresight/what/what.html).

 Menurut majalah itu, karena citranya yang netral, adil, serta memiliki pandangan yang berimbang itulah, Anies berhasil meraih kepercayaan luar biasa dari masyarakat luas, termasuk banyak tokoh politik.

 Anies sendiri tidak ingin membanggakan diri. Ayah empat anak yang dikenal sederhana dan selalu optimis itu menganggap bahwa berbagai penghargaan kelas dunia yang diterimanya sebenarnya menunjukkan makin besarnya perhatian dunia terhadap Indonesia. 

Anies yang dalam beberapa bulan belakangan ini bicara di berbagai forum dunia merasakan hal itu.

 "Saya mendapat kesan bahwa dunia kini makin memperhatikan Indonesia," kata Anies yang sering menjadi pembicara di berbagai pertemuan internasional.

Pada April 2008 lalu, majalah Foreign Policy, Amerika, pernah memilih Anies sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar '100 Tokoh Intelektual Dunia' bersama Noam Chomsky, Al Gore, Francis Fukuyama, Samuel Huntington, Vaclav Havel, Thomas Friedman, Bernard Lewis, Lee KuanYew, dan pemenang Nobel asal Bangladesh Muhammad Yunus (http://www.foreignpolicy.com/articles/coming_soon/4262 dan http://www.guardian.co.uk/uk/2008/jun/23/2 ). 

Tahun 2009, Anies juga mendapatkan penghargaan sebagai salah seorang ‘Young Global Leaders 2009’ dari Forum Ekonomi Dunia (The World Economic Forum, WEF). Namanya disejajarkan bersama 230 orang Pemimpin Muda Dunia yang dianggap memiliki prestasi dan komitmen kepada masyarakat, serta mempunyai potensi untuk berperan dalam memperbaiki dunia di masa mendatang.

 Tokoh dunia lain yang juga masuk daftar Pemimpin Muda Dunia di antaranya adalah pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, pegolf Tiger Woods, Anchor CNBC-India Shireen Bhan, CEO YouTube Chad Hurley dan pebalap F-1 Michael Schumacher.

Gimana Sob, masih meragukan Anies Baswedan? (int)


Tags

Loading...
Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.