Kronologi Warga Sekampung Kena Tipu Donatur Palsu, Padahal Masjid Sudah Dirobohkan


AWAS IKLAN KHUSUS DEWASA!:
Loading...

 


Warga Dusun Kowang di Desa Ngargotirto, Sumberlawang, Sragen, ramai-ramai merobohkan masjid di kampungnya lantaran ada orang yang berjanji akan membangunkan masjid baru. Belakangan, janji tersebut tak pernah terbukti. Siapakah sosok orang dermawan tersebut?

Pada Februari lalu, warga kampung sepakat merobohkan masjid tembok yang cukup megah untuk ukuran kampung pedalaman di pinggir waduk raksasa Kedungombo tersebut. Agus Pudiyono, yang kini ditunjuk warga sebagai ketua pembangunan kembali masjid, menceritakan warga terbuai janji karena ada pihak yang mengaku akan membangunkan masjid baru.

Seorang warga yang mengaku sebagai orang dekat seorang dermawan kaya raya dari Lampung tersebut meminta agar masjid kampung itu dirobohkan saja dan akan diganti dengan bangunan baru yang sepenuhnya akan ditanggung dana pembangunannya. Siapa dermawan Lampung itu tak jelas. Warga kampung tak ada yang kenal, kecuali lewat penceritaan 'si orang dekat' itu.

"Dana yang dijanjikan untuk pembangunan masjid tersebut tak tanggung-tanggung, Rp 1,3 miliar. Warga kampung percaya begitu saja dengan omongan itu. Padahal sekali pun warga belum pernah bertemu dengan orang Lampung yang disebut-sebut tersebut," kata Agus Pudiyono seperti dikutip detikJateng, Senin (4/4/2022).

Warga kampung yang lugu terbuai janji. Masjid lalu dirobohkan, rata dengan tanah. Warga masih percaya ketika 'si orang dekat' meminta warga membuat rencana anggaran biaya (RAB) dan desain masjid yang dikehendaki. Namun saat warga bertanya soal janji dana dari sang dermawan, tak ada jawaban. 'Si orang dekat' hanya bisa memberikan uang Rp 10 juta.

"Kami tak menyangka bahwa akhirnya akan seperti ini. Kami berkali-kali berusaha menanyakan kejelasannya, tapi tetap saja tidak pernah ada kenyataannya. Kami pernah mendesak agar bisa bertemu dengan orang dermawan dari Lampung yang diceritakan itu, tapi ya tetap saja tidak bisa dipenuhi," lanjut Agus.


Terpukulnya Takmir Usai Masjid Dirobohkan tapi Kena PHP, Mau Puasa Terus

Masjid di Dusun Kowang, Desa Ngargotirto, Sumberlawang, Sragen, Jawa Tengah (Jateng) dirobohkan warga karena dijanjikan akan ada pembangunan ulang terhadap masjid itu. Imam sekaligus takmir Masjid Al-Fatah Dusun Kowan, Ustaz Sholeh, terpukul karena telah menyetujui masjid dirobohkan.

"Warga sepakat segera merobohkan bangunan masjid lama. Saya hanya bisa mendukung semangat warga. Seperti juga warga, kami dari takmir masjid sama sekali tak mengira akan seperti ini. Kami benar-benar terpukul. Secara pribadi saya sedih, sebagai guru ngaji kok menyetujui masjid dirobohkan dan sampai sekarang tidak ada gantinya," ujar Ustaz Sholeh kepada detikJateng, Senin (4/4/2022).

Ustaz Sholeh mengakui dirinya menjadi salah satu orang yang ditemui oleh orang dekat dari 'sang dermawan' asal Lampung yang mau membangunkan masjid baru senilai Rp 1,3 miliar. Namun, belakangan diketahui janji tersebut hanya pemberi harapan palsu (PHP).

Ustaz Sholeh pun bertekad puasa sampai masjid di kampungnya dibangun lagi. Dia meniatkan puasa itu sebagai doa supaya dusun tempatnya tinggal bisa punya masjid lagi.

"Saya telah bertekad akan menjalankan puasa hingga ada bangunan masjid pengganti. Sampai kapan pun masjid baru itu berdiri, saya niatkan puasa itu sebagai doa saya agar dusun ini segera punya masjid lagi," katanya.

Baca Juga
AWAS IKLAN KHUSUS DEWASA!!!:
Loading...