Ketauan Deh... Tagar #SayaBersamaJokowi di Twitter Ternyata Digerakkan Akun Bot, Banyak yang Followers Nol


AWAS IKLAN KHUSUS DEWASA!:
Loading...

 



Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi membongkar hashtag atau tanda pagar (tagar) #SayaBersamaJokowi yang sempat memuncaki trending topic di Twitter ternyata dipenuhi bot. Tagar yang berisi dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut tidak dibuat akun aktif atau natural.

"Bener mau dibuatin analisis tagar #SayaBersamaJokowi? Nanti jadi ketahuan pakai bot seperti ini ndak apa-apa? Baiklah, ntar sore ya, sambil ngabuburit. Sampeyan yang minta lho ya," ucapnya melalui akun Twitter, @ismailfahmi dikutip di Jakarta, Ahad (10/4/2022).

Ismail menjawab pertanyaan yang diajukan akun @CeciliaSuwanda1, yang memintanya agar adil. Hal itu setelah Ismail menganalisis tagar #TurunkanJokowi dan #GoodbyeJokowi. Karena itu, ia kali ini diminta membuat tagar yang mendukung Jokowi agar analisisnya bisa ditelaah kedua belah pihak yang berseberangan.

Ismail pun akhirnya mengunggah tangkapan layar terkait bot yang dikerahkan untuk menaikkan tagar dukungan kepada Jokowi. Hal itu sebagai imbas rencana demo besar-besaran mahasiswa pada Senin (11/4/2022).

Dia pun membongkar banyak akun bot dikerahkan untuk membuat tagar #SayaBersamaJokowi? Dari hasil analisis sementara, Ismail mendapati banyak akun nol follower yang ikut meramaikan tagar tersebut. Hal itu membuat tagar tersebut menjadi trending di lini masa.

"Spill dikit, akun dengan follower 0 ini dalam menit yang sama bisa RT 14 cuitan, dan dilakukan selama beberapa menit berurutan. Ini cara bikin volume mention tinggi dan cepat trending," ucap lulusan Universitas Groningen ini.

Ismail pun siap menyajikan hasil analisis Drone Emprit menjelang waktu berbuka. "Selengkapnya nanti sore yah," katanya.

Sebelumnya, di lini masa terjadi perang tagar antara kubu oposisi dan pendukung pemerintah, Jika kubu oposisi, mereka pro terhadap mahasiswa yang ingin menggelar demonstrasi besar-besaran dan menaikkan tagar #TurunkanJokowi dan #GoodbyeJokowi. Sebagai balasannya, pendukung pemerintah membuat tagar #SayaBersamaJokowi yang ternyata banyak didominasi akun bot. (Republika)



Baca Juga
AWAS IKLAN KHUSUS DEWASA!!!:
Loading...