Di Hari yang Sama, Anies Diteriaki Presiden di UGM, Jokowi Ngacir Didemo Mahasiswa


AWAS IKLAN KHUSUS DEWASA!:
Loading...

 


Ada dua peristiwa unik dan menarik di hari Kamis (7/4). Meski kedua peristiwa itu sangat kontras, namun masih mempunyai benang merah yang sama. Yaitu, sama-sama berkaitan dengan mahasiswa. 


1. Teriakan Presiden di Kampus UGM

Teriakan 'presiden' menyambut kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai penceramah tarawih di Masjid Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, DIY, Kamis (7/4) malam.

Teriakan 'presiden' dari para jemaah sahut menyahut mengiringi perjalanan Anies selepas mengisi ceramahnya menuju Kantor Masjid UGM di sisi barat masjid.

Para jemaah berdesakan, berebut momen swafoto atau sekadar mengajak berjabat tangan. Tak sedikit dari para jemaah yang kemudian saling gencet.

Anies, sambil menebar senyum pun terlihat meladeni para jemaah berswafoto dan bersalaman.

"Presiden, presiden, presiden," seru para jemaah yang berada di sana.

Saking sesaknya, bahkan petugas keamanan harus mendirikan barikade membuat jalur Anies dari area tengah menuju Kantor Masjid UGM.

"Pak Anies Presiden," sahut jemaah lainnya.

Di lokasi masjid ditemukan pula banner bertuliskan Relawan Nasional Sobat Anies Kabupaten Klaten #IndonesiaHarusBersamaOrangBaik.

Sebagai informasi, dalam rangkaian ibadah tarawih di Masjid UGM itu, Anies memberikan ceramah bertemakan 'Menjadi Manusia Bernilai Menyongsong Indonesia Memimpin Dunia 2045'.

Anies dalam kesempatan itu sempat berbagi pengalaman dan kinerjanya membangun provinsi yang dia pimpin. Termasuk salah satunya memprioritaskan infrastruktur untuk para pejalan kaki dan menciptakan ruang ketiga atau tempat interaksi bagi warga di antara ruang pertama dan kedua.


2. Ngacir Didemo Mahasiswa


Di hari yang sama, Mahasiswa berunjuk rasa di sekitar Lapangan Banteng, Jalan Sultan Agung Kota Jambi, yang menjadi salah satu tempat berkunjung Jokowi di sana.

Dalam aksi itu, mahasiswa melayangkan protes terkait persoalan minyak goreng, kenaikan harga BBM serta kondisi ekonomi masyarakat yang makin sulit.

"Kita hanya ingin menyampaikan aspirasi kita disini, kita ingin menunjukan bahwa sulitnya kondisi saat ini," orasi salah seorang mahasiswa.

Aksi unjuk rasa mahasiswa ini mendapat pengawalan ketat dari aparat. Bahkan, polisi dan mahasiswa terlibat aksi saling dorong.

Mahasiswa mendesak ingin bertemu langsung dengan Jokowi. Namun, mereka tak bisa menembus barikade aparat yang menghalangi mereka.

Sejam berorasi dan saling dorong dengan aparat di lokasi itu, mahasiswa bergerak menuju Pasar Angsa Duo. Pasar itu menjadi lokasi pertama yang didatangai Jokowi.

Hanya saja, aksi mahasiswa itu dinilai sia-sia lantaran lokasi pasar sudah sepi. Jokowi lebih dulu ngacir. 

Presiden Jokowi memang dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Jambi. Presiden akan mengecek harga pangan di pasar itu, kemudian membagi bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada warga.

Jokowi juga akan mengunjungi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi serta pabrik pengolahan pinang di sana.

Pengamanan kedatangan Jokowi kesana mendapat pengawalan ketat aparat. Sedikitnya 2.000 aparat gabungan diterjunkan untuk operasi pengamanan. (bbs)

Baca Juga
AWAS IKLAN KHUSUS DEWASA!!!:
Loading...