News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua PBNU : Perpindahan Ibu Kota Negara Merupakan Sunnah Rasulullah

Ketua PBNU : Perpindahan Ibu Kota Negara Merupakan Sunnah Rasulullah

 


Ketua Pengurus Besar NU, Marsudi Syuhud, menyebutkan bahwa pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur, bertujuan untuk mencapai kemaslahatan bersama.

Ia juga menjelaskan bahwa konsep perpindahan sebelumnya dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang hijrah dari Mekkah ke Madinah. Kala itu Rasulullah membangun Madinah untuk dirinya dan para sahabat, tanpa melupakan Mekkah yang merupakan tanah kelahirannya.

Dengan begitu, Marsudi menyatakan, bangsa Indonesia harus mencintai daerah DKI Jakarta dan mencintai daerah Kalimantan yang menjadi Ibu Kota Negara baru. "Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yang terpenting ketika kita ngadepin polemik IKN, itu hal yang bisa terjadi,” katanya dalam keterangan pers, Sabtu, 12 Maret 2022.

Lebih jauh ia menyatakan bisa mengerti bila tidak semua masyarakat dapat menyetujui keputusan pemerintah tersebut karena berbagai macam pertimbangan. Meski begitu, menurut dia, pemerintah juga telah memikirkan berbagai macam aspek sebelum memutuskan memindahkan ibu kota.

“Dari 258 juta penduduk Indonesia pasti ada yang berpikir berbeda dengan pikiran kita," tutur Marsudi. "Tapi bagi saya, karena tugas negara adalah termasuk membangun, bahwa sesungguhnya urusan negara dalam hal membangun untuk saat ini adalah merupakan keharusan."

Ia pun memaparkan secara garis besar terdapat dua hal utama dalam pembangunan.

Pertama, membangun untuk memakmurkan daerah dan membangun ekonominya. Marsudi menyebutkan, IKN Nusantara bertujuan membangun dan memeratakan ekonomi. 

"Minimal masyarakat akan meningkat ekonominya, dan ada pemerataan penduduk. Jadi tidak hanya terpusat di Jawa,” kata Marsudi.

Kedua, penetapan wilayah Kalimantan sebagai IKN sudah langkah yang tepat karena lokasinya berada di tengah wilayah Indonesia. Secara geografis, Borneo juga cenderung aman dari potensi gempa bumi dan gunung meletus.

Sebagai satu-satunya pulau yang tidak ada lempeng bumi dan lorong magma adalah Kalimantan, menurut Marsudi, keputusan pemerintah menetapkan lokasi IKN sudah tepat. "Maka ini ketika kita akan membangun yang tujuannya kemaslahatan penduduknya, ini menurut saya tepat." (TMP)

Tags

Loading...
Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.