Meski Sudah Sebar Ribuan Baliho, Elektabilitas Puan Jauh di Bawah HRS


Loading...


 Ribuan baliho yang disebar tidak berdampak elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani naik signifikan sebagai calon presiden 2024.

Hal tersebut terekam dalam survei terbaru yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis dalam webinar "Partai dan Tokoh Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024" pada Kamis (7/10).

Dalam pertanyaan terbuka soal siapa calon presiden yang diinginkan responden, Puan Maharani hanya mencatatkan elektabilitas 0,8 persen dari 42 nama yang diajukan responden.

Elektabilitas Puan Maharani, bahkan jauh di bawah tokoh sentral Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang mendapat elektabilitas 1,6 persen.

Sementara itu, catatan minor juga diperoleh dua tokoh Partai Solidaritas Indonesia, Giring Ganesha dan Grace Natalie. Sering tampil kritis di ruang publik, keduanya tidak mendapat simpati publik.

Adapun tiga besar ditempati Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (18,1 persen), Ganjar Pranowo (15,8 persen) dan Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan (11,1 persen).

Survei dilakukan pada media 15-21 September 2021 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwanancara secara tatap muka. Metode yang dipakai adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan plus minus 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga
Loading...