Sering Berkunjung ke Danau Toba, Jokowi Malah Kaget dengar Curhat Aktivis Toba


Loading...

 


Hobby kaget ternyata masih digeluti Presiden RI, Joko Widodo. Kekagetan terbaru terjadi saat menerima aktivis lingkungan Togu Simorangkir.

Meski kerap berkunjung ke Danau Toba, Togu menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkejut mengetahui masalah lingkungan yang diduga dilakukan pihak korporasi di danau terbesar di Indonesia tersebut. 

Hal itu dikatakannya usai bertemu dengan Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (6/8), bersama 10 orang anggota TIM (akronim dari "Tulus, Ikhlas, Militan") 11 lainnya.

Tim aktivis lingkungan Toba ini beranggotakan Togu, Anita Martha Hutagalung, Irwandi Sirait, Christian Gultom, Erwin Hutabarat, Ferry Sihombing, Agustina Pandiangan, Lambok Siregar, Yman Munthe, Jevri Manik, dan Bumi Simorangkir, anaknya yang berumur delapan tahun.

Demi mengadukan pihak korporasi yang diduga merusak lingkungan Toba, mereka berjalan kaki lebih dari 1.700 kilometer dimulai dari makam Raja Sisingamangajara XII di Toba Samosir ke Jakarta sejak 14 Juni dan tiba di Jakarta 27 Juli.

"Ada hal yang beliau tidak ketahui dan beliau sangat terkejut, ekspresinya memang benar-benar terkejut," kata Togu, seusai pertemuan.

"Salah satunya beliau tidak tahu keramba jaring apung yang ada di Danau Toba itu milik perusahaan, beliau pikir itu milik rakyat karena kalau milik rakyat harusnya susah nutupnya, tapi ketika saya katakan itu milik dua perusahaan, dia sampai terkejut," tuturnya.

Baca Juga
Loading...