Penguasa Kepingin Tambah Masa Jabatan, Nek Murni dan Anaknya yang Lumpuh Hanya Bisa Makan Nasi Ditaburi Garam


Loading...

 


Di saat para petinggi memainkan berbagai skenario untuk melanggengkan kekuasaan, masih sangat banyak rakyat yang hidupnya menderita.

Salah satunya Papuk (Nenek dalam bahasa Suku Sasak, Lombok) Murni (76) ini. Di usia lanjut, ia harus merawat anaknya yang lumpuh sejak beberapa tahun yang lalu.

 Papuk Murni dulunya adalah seorang buruh tani yang hanya mendapatkan upah Rp25rb per hari. Tetapi dengan usia yang sepuh dan tenaga yang sudah melemah, kini Papuk Murni hanya bisa mencari kayu bakar di sungai yang nantinya beliau barter dengan beras atau makanan.

Anaknya yang bernama Murni mengalami lumpuh sejak 12 tahun lalu. Murni yang lumpuh pun diceraikan suaminya.

Tidak banyak yang bisa Papuk Murni lakukan untuk mengobati anaknya. Hanya bisa pasrah dan sesekali berobat secara tradisional.

Meskipun langkahnya mencari kayu bakar sudah terseok-seok, Papuk Murni tetap tak patah semangat. 

Di saat musim hujan, Papuk Murni sangat bersyukur sekali dengan harapan banyak kayu yang hanyut dibawa air sungai. Meski pun di sisi lain, rumah yang ditempatinya bocor

Pernah beberapa kali Papuk murni terseret arus air sungai yang deras yang mengakibatkan tangannya terkilir.  Hingga kini, Papuk Purni tidak bisa mengangkat beban yang terlalu berat.

Sehari-hari, Papuk Murni hanya makan nasi dicampur garam. 



Kondisi tempat tidurnya pun sangat memprihatinkan. Karena sekaligus digunakan sebagai kamar mandi bagi anaknya tentunya. 

Aroma pesing dan lainnya menyeruak saat memasuki rumah Papuk Murni. Hal itu dikarenakan Papuk Murni tidak bisa lagi membopong anaknya ke kamar mandi.

 Papuk Murni hanya menyediakan sebuah baskom untuk diletakkan sebagai klosetnya.

Di usia NKRI yang ke-76, kisah kehidupan seperti Papuk Murni dan anaknya ini masih sering terjadi. Sayangnya, tertutupi hingar bingar politik yang begitu masif.

Wong cilik hanya sebagai penonton drama yang dimainkan wong licik. 

Entah sampai kapan...

 

Baca Juga
Loading...