Siap-siap Gaes..!!! Jokowi : Tahun 2021 Awal Kebangkitan Ekonomi RI


Loading...

 


Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pada bulan Januari sampai Mei 2021, sektor industri pengolahan telah menunjukkan kinerja yang baik di masa pandemi COVID-19 ini.

"Ekspor produk industri pengolahan tercatat sebesar US$66,70 miliar, atau meningkat 30,53 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020," kata Jokowi dalam telekonferensi di pembukaan acara 'Investor Daily Summit 2021', Selasa 13 Juli 2021.

Jokowi menambahkan, industri pengolahan juga telah memberikan kontribusi paling tinggi yaitu 79,42 persen. Dari total ekspor sebesar US$83,99 miliar pada periode Januari-Mei 2021.

"Maka kita harus berupaya meningkatkan peran Indonesia dalam rantai pasok global," ujarnya.

Presiden menjelaskan, potensi ekonomi digital Indonesia juga terbilang cukup luar biasa. Di mana selama tahun 2020 nilai transaksi perdagangan digital Indonesia totalnya mencapai Rp253 triliun.

"Dan nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi Rp330,7 triliun di tahun 2021," kata Jokowi.

Kemudian, lanjut Jokowi, nilai ekonomi digital indonesia diprediksi juga akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dalam 10 tahun ke depan. 

Karenanya, Jokowi menekankan bahwa segala macam potensi-potensi yang belum tergarap optimal, harus segera ditemukan dan dikembangkan demi kemandirian dan kemajuan bangsa Indonesia.

"Tahun 2021 ini akan menjadi momentum kita untuk bangkit. Teruslah membangun optimisme dan harapan agar kita mampu bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru, yang semakin kokoh, tangguh, dan mandiri," ujarnya.

Baca Juga
Loading...