Angela Merkel, Sosok Pemimpin Antitesa Jokowi


Loading...


Dengan tepuk tangan hangat selama 6 menit, di jalan, di balkon, di jendela, seluruh negara bertepuk tangan selama 6 menit - contoh luarbiasa dari kepemimpinan dan perlindungan atas kemanusiaan!

Rakyat Jerman memilihnya untuk memimpin mereka, dan dia memimpin 80 Juta rakyat Jerman selama 18 tahun dengan kecakapan, kemampuan, dedikasi dan kejujuran! 

Dia tidak pernah asal bicara. Dia tidak muncul di Berlin untuk difoto. Dia disebut "Wanita Dunia" dan dirinya seorang dianggap setara dengan 6 Juta orang lelaki.

Selama 18 tahun kepemimpinannya di Jerman, ia tidak terekam melakukan kesalahan apapun. Ia tidak memasukkan satu pun kerabatnya ke dalam pemerintahan. 

Dia tidak pernah menyatakan ia yang membuat kemajuan bangsa. Dia tak mendapat gaji jutaan, dan tak seorang pun menyemangatinya untuk performanya, dia tidak mendapatkan piagam apapun, dia tidak melawan para pendahulunya.

Kemarin, Angela Merkel meninggalkan posisi kepemimpinan partai dan menyerahkannya pada penerus²nya, dan Jerman serta rakyatnya berada dalam posisi terbaiknya.

Terjadi reaksi yang belum pernah terjadi dalam sejarah Jerman sebelumnya. Seluruh rakyat Jerman keluar ke balkon rumah mereka dan bertepuk tangan untuk Merkel selama 6 menit tanpa henti. Standing ovation satu negara!

Rakyat Jerman mengucapkan selamat tinggal pada pemimpin mereka, seorang fisikawan yang *tidak tergoda gemerlap gaya hidup, tidak punya rumah megah, mobil mewah, kapal pesiar dan jet pribadi,* untuk mengingat bahwa ia dulu berasal dari Jerman Timur.

Dia meninggalkan jabatan di saat Jerman sedang hebat²nya. Dia pergi dan kerabatnya tidak mengambil kesempatan. 18 tahun dia tak pernah mengganti model pakaian. Semoga Tuhan memberkati sang pemimpin pendiam ini.

Dalam sebuah wawancara, seorang Jurnalis wanita bertanya pada Merkel: Kami lihat anda selalu memakai model pakaian yang sama, tidak kah anda memiliki yang lain? Merkel menjawab: "Saya ini petugas pemerintahan, bukan model".

Dalam wawancara lain, mereka bertanya pada Merkel: Apakah kau memiliki pembantu rumah tangga untuk membersihkan rumahmu, menyiapkan makananmu dan seterusnya? Merkel menjawab: "Tidak, aku tak punya dan tak perlu pembantu. Suamiku dan aku yang mengerjakan semua pekerjaan rumah tiap hari.

Jurnalis lain bertanya: Siapa yang mencuci pakaian, kamu atau suamimu? Ia menjawab: "Aku menyusun pakaiannya, kemudian suamiku yang memasukkannya ke mesin cuci, biasanya kami kerjakan di malam hari, saat listrik sedang tersedia, dan kami sama sekali tidak keberatan mengerjakannya, dan yang terpenting ialah tidak mengganggu tetangga, syukurlah, dinding apartemen kami cukup tebal untuk memisahkan kami dari tetangga apartemen kami. Merkel lalu bertanya pada para Jurnalis, "Bukannya kalian ingin menanyai saya tentang pemerintahan?

Angela Merkel tinggal di apartemen biasa layaknya rakyat biasa. Dia hidup di apartemen ini sejak sebelum ia dilantik menjadi Kanselir Jerman. Dia tak pindah dari apartemen itu, dan tak memiliki villa apapun, pembantu rumah tangga, kolam renang maupun taman.

Bagaimana dengan Presiden Jokowi? Anda hanya tinggal membalik kondisi cerita ini.

Baca Juga
Loading...