Bikin Kerumunan Tanpa Masker, Presiden Brazil Didenda


Loading...

 


Presiden Brasil Jair Bolsonaro mendapat denda 110 dollar AS (Rp 1,6 juta), setelah diketahui tidak menggunakan masker sesuai protokol kesehatan pandemi (Prokes Covid-19) di Sao Paulo.

Bolsonaro diketahui mengendarai sepeda motornya melalui jalan-jalan Sao Paulo, di mana prokes Covid-19 untuk menggunakan Covid-19 diberlakukan dengan ketat.

Sao Paulo telah mewajibkan warga memakai masker di ruang publik sejak Mei 2020.

Bolsonaro dan sekitar 12.000 penggemar sepeda motor lainnya dalam pawai itu bersorak-sorai tanpa menggunakan masker, AP melaporkan pada Minggu (13/6/2021).

Saat mengendarai sepedanya, Presiden 66 tahun itu bahkan diketahui menyerukan kepada warga Sao Paulo bahwa masker tidak diperlukan jika mereka sudah divaksinasi lengkap.

"Siapa pun yang menentang proposal ini karena mereka tidak percaya pada sains, karena jika mereka divaksin, tidak mungkin virus dapat ditularkan," kata Bolsonaro seraya berdiri di atas mobil.

Ini adalah kedua kalinya Bolsonaro menerima denda karena melanggar prokes Covid-19 di wilayah setempat terkait penggunaan masker.

Pada Mei, para pejabat di Maranhao mendendanya karena tidak mengenakan masker di sebuah rapat umum.

Dia dan politisi lokal Brasil selama berbulan-bulan berselisih tentang jenis pembatasan yang harus diterapkan untuk melindungi dan mencegah virus corona di negara itu.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, Covid-19 Brasil merupakan salah satu tingkat kematian Covid-19 tertinggi di dunia, dengan lebih dari 486.000 kematian.

Baca Juga
Loading...