Kasihan Fadjroel, Mau Klarifikasi Bipang Ambawang, Malah Dihajar Warganet Hingga Telentang


Loading...

 


Seperti biasa. Setiap ada kesalahan yang dilakukan kepala negara, juru bicara langsung sibuk mengklarifikasi. 

Tapi apes bagi Fadjroel Rahman. Jubir istana itu malah jadi bulan-bulanan warganet saat mengklarifikasi Bipang Ambawang.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras inilah yang dimaksud Presiden Jokowi ," tulis Fadjroel di akun medsos pribadinya.


"Di video itu yang disebut BIPANG AMBAWANG dari Kalimantan. Spesifik. Yang adalah babi panggang. Bipang berbahan beras itu dalam bahasa Banjar kita sebut "walatih"  atau "walatih bepang". Saran saya kalau harus ada juga cemilan Kalimantan disebut, pilih DODOL KANDANGAN," protes Hasan Asphani 

"Ach jiwa idealismu dulu cuma pura2....setelah dapat jabatan jiwa pikiran mulutmu it penjilat yg keji....tonton lagi vidio nya, baru cari pembelaan yg bagus. Dasar penjilat rezim pembelaanmu in mencerminkan kualitas dirimu," sambung Vespa VBB.

"Nggk nonton videonya ya pak? "bipang ambawang dri kalimantan".apa yg difoto itu adalah bipang ambawang dri kalimantan??," lanjut Damarsasi.

"Pak Fadjroel kelas banget. Gak ada malu," sambut Mirajul Rifqi.

Setelah dihajar warganet, Fadjroel pun segera mengedit statusnya.



Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuat heboh dunia maya setelah video promosi kuliner khas daerahnya viral di media sosial. Dalam video itu Jokowi menyebut bipang ambawang asal Kalimantan sebagai salah satunya.

"Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video tersebut.

Penyebutan bipang ambawang inilah yang kemudian menjadi sorotan netizen. Sebab, sebagian besar warganet beranggapan bahwa video ini dibuat dalam konteks Lebaran yang sebentar lagi dirayakan oleh umat Islam. Dan dalam tradisinya, Lebaran dirayakan dengan menyiapkan beragam makanan sebagai suguhan bagi tamu yang datang.

"Assalamu'alaikum Pak @jokowi, mhn diklarifikasi ttg oleh2 lebaran Bipang Ambawang karena itu adlh babi panggang yg jelas haram bagi muslim, apa lagi ini Idul Fitri hari raya ummat Islam, tdk elok rasanya. Apakah ini disengaja, atau karena bapak tidak tau? Tks atas jawabannya," cuit Hilmi Firdausi di akunnya @Hilmi28, Sabtu (7/5/2021).

"Temanya kan lebaran...Ngapa ada Biapng Ambawang Pak?," tulis Raja Purwa melalui akun @BossTemlen.

"Eeeh Bipang??? Babi Panggang Gitu??? Ga Salah nih Mudik Suruh Bawa Oleh2 Bipang??," cuit @Stevaniehuangg.

Dari informasi di akun Instagram @bipangambawang diketahui bahwa Bipang adalah singkatan dari Babi Panggang, sementara Ambawang adalah sebuah kecamatan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca Juga
Loading...