Jajah Kandang Ganjar Dan Emil, Anies Dicurigai Pemanasan 2024


Loading...

 


Dalam sepekan ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuat manuver mengejutkan. Dia keluar Ibu Kota, lalu “menjajah” kandang Ganjar Pranowo dan kandang Ridwan Kamil. Ada yang curiga, kedatangan Anies ke dua daerah kompetitornya itu, terkait pemanasan Pilpres 2024. Betulkah?

Anies memulai kunjungan kerja pertama ke Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (15/) malam. Acara intinya adalah panen raya di Desa Jenang, Kecamatan Majenang. 

Namun, sebelum pergi ke tempat acara, Anies berkunjung dulu ke sejumlah titik. Pagi-pagi, ia Shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Cilacap. 

Selepas itu, ia mampir ke Teluk Penyu. Di sana, ia main di pantai sambil foto-foto. Tak lupa, ia menyapa warga Cilacap yang ada di sana.

Setelah itu, barulah Anies meluncur ke lokasi panen raya. Padi yang dipanen adalah hasil garapan kelompok tani Desa Jenang yang bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya.

Berbagai kegiatannya di Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin Ganjar itu, Anies pamerin di akun Instagram miliknya. Mulai dari menyapa warga, memuji keindahan alam, mengacungkan padi hasil panen, sampai bertemu para pejabat.

Dari Cilacap, Anies tak langsung pulang ke Jakarta. Mantan Rektor Paramadina itu melipir dulu ke Kuningan, Jawa Barat. Selain bertemu Bupati Kuningan Acep Purnama, Anies mengunjungi kedua orang tuanya yang tinggal di jalan Apidik, Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan. Anies memang punya ikatan batin dengan Kuningan. Anies lahir di Kuningan, 7 Mei 1969.

Dalam lawatannya ke daerah kekuasaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini, Anies juga menyempatkan Shalat Subuh di Masjid Raya Kuningan. Bahkan, di sana Anies dikasih panggung untuk berceramah. Setelah itu, barulah Anies menemui Bupati Acep.

Dalam pertemuan dengan Bupati Acep, Anies mengenang masa kecilnya saat tinggal di Kuningan. Menurut dia, Kuningan adalah tempat yang penuh kenangan dan persahabatan. Kata dia, saat kecil sering sekali lewat Pendopo Bupati dan membayangkan seperti apa di dalamnya.

“Dan hari ini saya sampai di pendopo bertemu dengan Bupati Kuningan secara langsung,” kata Anies.

Setelah itu, Anies lalu menceritakan kedatangannya untuk menjalin kerjasama dengan Kabupaten Kuningan terkait aktivitas komoditas pangan dengan Food Station Tjipinang, JakPreneur, serta Pasar Jaya. Kata Anies, kemungkinan kerjasama yang bakal digarap dalam waktu dekat ialah aktivitas komoditas pangan.

“Insya Allah tim kerja sama daerah akan tiba pekan depan untuk melakukan inventarisasi atas potensi yang bisa ditindaklanjuti dalam bentuk kerja bersama,” janjinya.

Selain itu, Anies juga akan mendorong aktivitas investasi di Kabupaten Kuningan dengan menyambungkan pihak-pihak yang memiliki niatan untuk memajukan Kabupaten Kuningan. Lalu yang terakhir adalah aktivitas investasi di Kuningan.

Di tempat yang sama, Bupati Acep sangat menyambut baik apa yang disampaikan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, terkait kerjasama pengembangan potensi yang ada di Kabupaten Kuningan.

Meskipun kunjungan Anies ke Cilacap dan Kuningan terkait kerjaan, banyak warganet yang mengaitkan dengan manuver di Pilpres 2024. Mengingat selama ini, Anies selalu masuk dalam bursa capres di urutan 5 besar bersama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno.

Akun @effendi51 menilai Anies yang lahir di Kuningan sangat cocok dipasangkan dengan Doni Monardo yang dilahirkan di Cimahi. “Sama-sama lahir di Jawa Barat. Cocok dipasangkan di 2024,” ujarnya. “Pendopo sudah. Sekarang tolong pak Anies lewat Istana.. 2024 pak Anies masuk Istana,” timpal @burhanarif24. “Semoga Pak Anies Baswedan menjadi tuan rumah di Istana Negara,” sambung @Adinda_Zahran1.

Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, kunjungan kerja kepala daerah sebenarnya biasa saja. Begitu juga saat Anies berkunjung ke Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun, aksi blusukan Anies ini menjadi menarik karena wilayah yang dikunjungi Anies merupakan markasnya Ganjar dan Ridwan Kamil, dua kepala daerah yang juga masuk dalam bursa capres 2024.

Karena selalu masuk survei, wajar kalau apa yang dilakukan mereka selalu mengarah sebagai manuver capres. Dengan aksi Anies ini, bisa jadi Ganjar dan Emil akan melakukan serangan balik.

Lebih lanjut, Hensat-sapaannya, melihat persaingan Anies dan Ganjar merupakan persaingan yang sehat. Pasalnya, keduanya sedang beradu program. “Sebuah perdebatan yang menurut saya perlu dilakukan oleh para calon presiden,” kata pendiri lembaga survei KedaiKopi ini. [BCG]

Baca Juga
Loading...