Ekonomi Digital Maju Pesat, Indonesia Segera Masuk 10 Besar Kekuatan Ekonomi di Dunia.... Kata Jokowi


Loading...

  


Presiden Jokowi percaya diri Indonesia tidak lama lagi masuk dalam 10 besar kekuatan ekonomi di dunia. Pernyataan Jokowi itu kata dia didasari potensi ekonomi digital di Tanah Air. Indonesia sudah memasuki era transformasi teknologi dan tengah menuju lompatan besar.

Hal itu disampaikan Kepala Negara saat menyampaikan sambutan pada pameran Hannover Messe 2021 Digital Edition. Pameran dagang di sektor teknologi dan solusi industri manufaktur ini terbilang bergengsi di dunia.

Jokowi pun membeberkan data kepada para peserta pameran dan tuan rumah yang di hajatan itu dihadiri Kanselir Jerman Angela Merkel. Menurut Jokowi, proyeksi industri ekonomi digital di tahun 2025 terhadap PDB nasional Indonesia mencapai US$133 miliar. Proyeksi itu bukan mengawang-awang. Melihat apa yang terjadi saat ini, potensi itu juga bisa dihitung berdasarkan 185 juta penduduk yang sudah terakses dengan internet terbesar ke-4 di dunia.

"Ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia tercepat di Asia Tenggara. Indonesia memiliki start-up sekitar 2.193, kelima terbesar di dunia. Indonesia memiliki 5 unicorn dan Indonesia bahkan telah memiliki 1 decacorn,” papar Jokowi.

Presiden melanjutkan, pemerintah Indonesia telah menyiapkan peta jalan implementasi yakni "Making Indonesia 4.0" yang telah diluncurkan sejak 2018 lalu. Melalui peta jalan tersebut, terdapat tiga hal utama yang akan menjadi kekuatan dan fokus dalam mewujudkan pengembangan industri 4.0.

Pertama penguatan sumber daya manusia. Indonesia pada tahun 2030 memiliki bonus demografi yang mana jumlah usia produktif tumbuh dua kali lipat. Kedua penciptaan iklim investasi. Yang terakhir adalah penciptaan investasi pada pembangunan hijau. Jokowi juga mengatakan, tantangan menyiapkan SDM adalah mengisi keahlian dalam menciptakan inovasi melalui big data, artificial intelligence, internet of things.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi secara terang-terangan mengajak kemitraan dengan Jerman dalam bidang transformasi digital.

"Saya ingin mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia," kata Jokowi.

Baca Juga
Loading...