Setelah Terjun Bebas, Ekonomi di 2021 Bakal Meroket 12,6%


Loading...

 


Setelah terjun ke dalam resesi, ekonomi India akan bangkit kembali pada tahun 2021. Resesi akibat pandemi COVID-19 ini menjadi pertama kalinya dalam seperempat abad.


Produk domestik bruto (PDB) India diproyeksikan meningkat sebesar 12,6% selama tahun 2021. Angka proyeksi ini dirilis oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan alias OECD.


Mengutip CNN, Rabu (10/3/2021), jika pertumbuhan itu terwujud maka India akan diklaim sebagai negara yang perekonomiannya tumbuh paling cepat atau menggeser China yang berhasil tumbuh 7,8% di 2020.


Perekonomian India mencatat kenaikan PDB sebesar 0,4% pada kuartal terakhir di 2020. Pertumbuhan ini juga membuat India keluar dari jurang resesi.


OECD mengumumkan prospek ekonomi telah meningkat tajam dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu didorong oleh pendistribusian vaksin Corona dan pengumuman stimulus tambahan.


"Ini mungkin mencerminkan penargetan yang lebih hati-hati terhadap langkah-langkah kesehatan masyarakat dan dukungan pendapatan," kata OECD.


Badan yang berbasis di Paris ini berharap ekonomi dunia tumbuh 5,6% pada tahun 2021.(dtf)

Baca Juga
Loading...