Tesla Lebih Pilih India Dibanding Indonesia Karena Takut Kalah dari Esemka?


Loading...


Produsen mobil listrik milik Elon Musk Tesla Inc. tampaknya semakin positif memilih India sebagai basis produksi keduanya di Asia. Lantas, bagaimana dengan nasib Indonesia yang digadang-gadang akan menjadi sasaran investasi Tesla?


Beberapa waktu lalu, Tesla dikabarkan tengah mendekati tahap akhir untuk mencapai kesepakatan memproduksi mobil listrik di India.


Jika kesepakatan ini selesai diteken, maka Tesla akan memiliki 3 basis produksi yakni di Amerika Serikat, China, dan India.


Dilansir Bloomberg, Senin (15/2/2021), Menteri Negara Bagian tersebut mengatakan Tesla memilih Karnataka, kota di negara bagian selatan India yang beribukotakan Bangalore, sebagai pabrik pertamanya di India.


Berdasarkan sumber internal yang mengetahui kesepakatan ini, Tesla telah bernegosiasi dengan pemerintah setempat selama 6 bulan terakhir.


Ketika dikonfirmasi, Tesla tidak memberikan jawaban atas komentar pemerintah setempat tersebut.


Sumber internal juga menyatakan perusahaan milik Elon Musk ini sedang menuntaskan due diligence untuk membangun perkantoran di kawasan tersebut dan berencana membangun fasilitas penelitian dan pengembangan.


Pemilihan Bangalore sendiri tidak terlepas dari kawasan ini yang dikenal sebagai hub kendaraan listrik dan sumber talenta manufaktur.


Di Indonesia sendiri, produk kebanggaan yang telah mengantarkan seorang wali kota menjadi presiden, Esemka juga sedang eksvansi membuat mobil listrik.


Tak hanya itu, Esemka yang sedang kebanjiran pesanan bahkan berani menghentikan produksinya. Hal ini dianggap sebuah terobosan jenius di dunia marketing yang biasanya menambah kapasitas produksi saat banjir pesanan.


Mungkin inilah yang ditakutkan Elon Musk?

Loading...