Media Asing : Banjir Jakarta Terjadi Karena Makin Turunnya Permukaan Tanah


Loading...


 Fenomena banjir Jakarta 2021 kembali menjadi sorotan sejumlah media asing, dengan salah satunya menyebut bahwa faktor tenggelamnya permukaan tanah Ibu Kota menjadi penyebab bencana musiman tersebut.


Media AS Vox, dalam videonya berjudul "Why Jakarta is sinking" yang dipublikasi dalam situs berbagi video populer pada 19 Februari 2021, menyebut bahwa permukaan tanah Jakarta --terkhusus di bagian utara-- "tenggelam 25 cm setiap tahunnya," demikian dikutip pada Sabtu (20/2/2021).


Dampak risiko dari permukaan tanah yang turun bukan hanya dirasakan pada masyarakat di pesisir pantai utara Jakarta, "namun juga 10 juta penduduknya yang tinggal agak jauh dari utara".


Vox lebih lanjut menyebut bahwa "sebagian besar kota dan jutaan rumah-rumah yang ada, bisa berada di bawah permukaan air pada 2050."


Vox menyebut bahwa banyaknya pompa yang menyedot air bawah tanah (pada lapisan aquifer) --guna memenuhi kebutuhan air penduduk Jakarta-- terus menerus menguras kapasitasnya.


Lapisan aquifer berada di atas batu dan tanah --di mana keduanya bak spons yang berfungsi menyerap air dari permukaan, sekaligus menopang kehidupan yang ada di atas.


Akan tetapi, sumber daya air tersebut terus-menerus terkuras dan memungkinkan permukaan tanah dan batuan yang ada di atasnya turun seiring waktu.

Baca Juga
Loading...