Luar Biasa! Jokowi Melobi PBB Agar Seluruh Negara dapat Vaksin, Umat Dunia Harus Berterima Kasih!


Loading...


PresidenJoko Widodo (Jokowi) mengaku melakukan lobi hingga tingkat Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) agar seluruh negara mendapatkan akses vaksin Covid-19 yang setara.


Jokowi menyampaikan saat ini setiap negara berpacu mengamankan vaksin untuk rakyat masing-masing. Ia berharap seluruh negara bisa mendapat vaksin untuk mengakhiri pandemi.


"Pentingnya kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua negara terus saya bawakan sampai di tingkat PBB," kata Jokowi saat membuka International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic secara daring, Selasa (23/2).


Jokowi mengatakan Indonesia punya posisi di program multilateral COVAX AMC Engagement Group. Itu merupakan forum antarnegara yang diinisiasi badan kesehatan dunia (WHO) untuk menangani distribusi vaksin gratis ke negara berkembang dan negara miskin.


Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada 12 Januari lalu didapuk sebagai salah satu pimpinan di forum multilateral itu. Jokowi pun berharap posisi tersebut bisa  membuat Indonesia bisa memperjuangkan akses vaksin bagi seluruh negara.


"Sudah menjadi tekad Indonesia untuk mengamankan akses vaksin bagi kebutuhan nasional. Namun, selalu berupaya berkontribusi bagi negara-negara lain, bagi dunia," tuturnya


Lebih lanjut, ia mendorong setiap negara untuk bekerja sama menangani pandemi. Sebab penularan virus corona tak mengenal batas negara.


"Dunia tidak bisa sepenuhnya bebas dari virus ini jika masih ada satu negara saja yang belum bebas darinya," katanya.


(dhf/kid)

Baca Juga
Loading...