Anies Banyak Dapat Penghargaan, PDIP : Ingat! Itu Buah Kerja Jokowi!


Loading...

 


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih penghargaan 21 Heroes 2021 atau 'pahlawan transportasi' dari Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan penghargaan yang diterima Anies itu buah dari kerja keras Gubernur DKI Jakarta sebelumnya.


"Kalau saat ini Anies banyak dapat penghargaan, itu kan buah kerja keras dari pendahulunya," ujar Gembong kepada wartawan, Jumat (5/2/2021).


Gembong mengatakan transportasi massal yang ada di Jakarta itu sudah dimulai sejak era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Menurutnya, Anies mendapat apresiasi itu merupakan hak dari lembaga pemberi penghargaan.


"Untuk memberikan penghargaan kepada Anies, itu haknya lembaga itu. Namun perlu dicatat bahwa transportasi massal yang dinikmati warga Ibu Kota, ini perjalanannya panjang, dimulai dari hadirnya busway di era Bang Yos, sampai MRT yang digebrak oleh Pak Jokowi," katanya.


Namun Gembong mengakui ada penambahan fasilitas jalur sepeda sepanjang 63 km yang dibuat Anies.


"Di era Anies semua sudah ada, kalau penghargaan soal jalur sepeda mungkin oke, karena di era sebelum Pak Anies jalur sepeda belum maksimal," ucapnya.


Sebelumnya, penghargaan itu diberikan oleh TUMI. Nama Anies masuk dalam jajaran 21 Heroes 2021 di bidang transportasi bareng Elon Musk.


TUMI melihat layanan integrasi transportasi dilakukan secara serius oleh Pemprov DKI dengan melakukan renovasi stasiun KRL dan terminal bus agar bisa terintegrasi. Menurut TUMI, hal itu juga mendapat penghargaan dari STA Sustainable Transport Award (STA) dari ITDP 2020.


Anies juga dinilai berhasil menyediakan 63 kilometer jalur sepeda serta melakukan integrasi layanan transportasi publik.

Loading...