Dokter Spesialis Jiwa : Pakai Faceshield Tanpa Masker adalah Kebodohan yang Dipertontonkan


Loading...

 


Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr Andri SpKJ atau yang dikenal dengan sapaan @mbahndi, menyampaikan pendapatnya mengenai tokoh masyarakat (public figure) yang hanya mengenakan face shield tanpa pakai masker saat tampil di televisi.


Menurut dokter yang sehari-hari berpraktik di Omni Hospital Alam Sutera, penggunaan face shield tapi tidak pakai masker di tengah situasi pandemi COVID-19 merupakan bentuk kebodohan yang terus dipertontonkan.


"Masker adalah utama untuk mencegah penyebaran Virus Corona dan melindungi kita dan orang lain dari COVID-19," kata Andri saat berbincang dengan Health Liputan6.com pada Senin, 11 Januari 2021. "Coba saja bayangkan pakai face shield saja tanpa masker," Andri melanjutkan.


Pernyataan Andri mengenai sederet artis yang tak malu pamer face shield saat tampil di layar televisi juga diunggahnya ke Twitter pribadinya, @mbahndi, pada Sabtu, 9 Januari 2021.


Beragam respons diterimanya, salah satunya dari akun @okandrsyh yang menulis,"penggunaan masker saat sedang makan di restoran adalah bentuk kemustahilan yang terus disarankan.".


Ada pula warganet yang merespons kicauan Andri dengan menggunggah tangkapan layar dari sebuah acara televisi yang memerlihatkan seorang dokter hanya pakai face shield tanpa masker.


Tak cuma Andri, melalui akun Twitter pribadinya, Ketua Satuan Tugas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prof Zubairi Djoerban, angkat suara mengenai fenomena artis pakai face shield tanpa masker.


“Karena face shield saja tak ada gunanya. Sungguh, sama sekali tak berguna mau dimodifikasi seperti apapun jika tanpa masker,” tulis Zubairi dikutip dari twitter @profesorzubairi, pada Senin (11/1/2021).


Zubairi juga mengimbau para pelaku hiburan untuk lebih menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 yang jumlah pasiennya terus meningkat.

Baca Juga
Loading...