Gheiz Chalifah : Kharisma HRS Bisa Mendamaikan Papua


Loading...


Aktivis sosial dan budayawan, Gheiz Chalifah mendukung wacana penulis Mariska Lubis untuk menjadikan Habib Rizieq Shihab sebagai juru damai di Papua.

Di laman twitter, pria yang juga menjabat sebagai komisaris di PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk itu menjelaskan HRS sudah teruji saat membaiat puluhan ribu pemuda di Aceh untuk setia kepada NKRI.

Berikit rangkuman tulisan Gheiz di twitter :


Sy mau merespon usulan Mariska Lubis seorg penulis hebat, Usulannya meminta HRS menjadi juru damai di Papua. Tlg buzzer dll jgn komentar terlebih hanya modal kebencian. Ini ide serius yg patut dicermati. Setidaknya HRS satu2nya org yg mampu membaiat puluhan ribu masy Aceh utk...


HRS membaiat puluhan ribu masyarakat Aceh utk tdk pernah melepaskan diri dari NKRI. Baiat itu dilakukan di lapangan terbuka dan semua yg hadir mengikuti baiatnya HRS. Sy blm pernah melihat org sekuat itu kemampuannya utk membaiat masy yg bergejolak thd NKRI.


Dalam konteks Papua, HRS terbiasa berdialog dgn banyak pihak bahkan yang berbeda keyakinan, posisi dia yg selalu berada di luar kekuasaan sgt mungkin utk lebih diterima oleh masy Papua, krn tokoh2 Papuapun mengenal HRS, dibalik kelugasannya diatas podium HRS adlh org....


HRS adalah orang yang luas persfekrifnya dan bisa melihat secara utuh sudut pandang orang lain, dia bisa menjembatani berbagai kepentingan dengan secara adil. Selain di Aceh HRS juga pernah mendamaikan bbrp kiayi NU dgn Gusdur.


Bisa jadi pemerintah saat ini berbeda dgn HRS dan tentu saja perbedaan itu tak hrs disatukan, namun dalam soal NKRI tak ada perbedaan diantara keduanya. Pempus bisa memanfaatkan kharisma HRS utk menjadi jembatan bagi masy Papua.


Loading...