Dubes RI Tertawakan HRS, Dubes Arab Saudi Hormati HRS


Loading...


Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia YM Osama bin Mohammed saat mengunjungi kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah, beberapa waktu lalu membahas hal penting terkait isu Islam di dalam negeri maupun luar negeri. 

 

Salah satunya, tentang Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Kepada wartawan, Osama menyebut bahwa Habib Rizieq tidak bermasalah di Arab Saudi. 


"Kalau beliau melakukan pelanggaran, tentu sudah dilakukan proses hukum, sebagaimana di Saudi maupun di Indonesia," kata Osama seperti diterjemahkan pihak kedubes.


Di kesempatan tersebut, Osama juga menerangkan bawa Habib Rizieq sangat mampu memenuhi kebutuhannya saat tinggal di Arab Saudi.

 

Di lain pihak, dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel malah menertawakan Habib Rizieq.


"Ha-ha-ha-ha-ha... lucu dan aneh ini, akibat salah dalam memahami teks-teks dokumen atau dalam bahasa santri 'al-inhiraf fi fahmi nusus al-watsiqah' melenceng dalam memahami teks dokumen," kata Dubes Agus dalam penjelasannya, Jumat (6/11/2020) lalu.


Agus Maftuh mengaku maklum karena Habib Rizieq menurutnya belum mengerti ilmu kekonsuleran, termasuk keimigrasian Arab Saudi sehingga menebar ancaman akan menuntut orang yang melabelinya dengan 'overstay'. "Kami maklum dia juga belum selesai belajar 'al-alaqah ad-duwaliyyah fi al-islam' (hubungan antarnegara dalam Islam) yang mengatur rambu-rambu diplomatik," kata Agus.


Agus Maftuh menyebut Habib Rizieq sudah terbukti salah memahami layar pertama keimigrasian Arab Saudi dan dia memastikan Rizieq belum melihat layar kedua dan seterusnya yang disebut Agus lebih vulgar. Layar kedua yang dimaksud Agus menampilkan menu utama 'Sijil al-Mukhalif', daftar catatan pelanggar undang-undang keimigrasian. 


"MRS tercatat di layar ini, mulai nama, jenis pelanggaran, nomor deportan, jenis dokumen dll," sebut Agus Maftuh. (int)

Loading...

Posting Komentar

0 Komentar