Jokowi : Kalau Semua Anak Muda Jadi Petani, Kita Akan Bebas Impor


Loading...


 Presiden Joko Widodo mengungkapkan harapannya agar para anak muda tidak lagi malu dan gengsi untuk menjadi petani. Ia optimistis dengan semakin banyak anak muda menjadi petani, Indonesia dapat terbebas dari impor pangan.

Sebaliknya, menurut Jokowi, Indonesia berpotensi akan menjadi pengekspor dan memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Hal itu ia sampaikan dalam forum petani muda organik yang disiarkan langsung secara daring, Kamis (29/10).


"Saya berharap keberadaan forum petani organik muda ini dapat mengajak lebih banyak anak-anak muda untuk kembali bertani, tidak malu, tidak gengsi. Tapi sebaliknya, bangga dan bersemangat karena menjadi petani itu mulia," kata Jokowi dalam sambutannya.


Dia memaparkan bahwa pertanian organik adalah masa depan yang memiliki peluang besar dalam pasar industri. Di tengah tren hidup back to nature (kembali ke alam), Jokowi beranggapan bahwa masyarakat saat ini mulai peduli pada kesehatan.


Oleh karena itu, menurut dia, inovasi pada sektor pertanian akan menjadi pilar penting pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Hal itu, lanjut Jokowi, dapat dilakukan antara lain dengan terus melakukan inovasi pada seluruh proses industri pertanian. Mulai dari produksi hingga pasca panen; mulai proses penanaman, pemeliharaan, hingga pengolahan; dari branding, packaging, hingga pemasaran.


"Dengan pengolahan pertanian secara modern, saya harapkan pertanian dapat tumbuh sebagai pilar penting pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertanian akan semakin maju. Masyarakat akan semakin lebih sejahtera," katanya.


Jokowi dalam sambutannya turut mengungkapkan harapannya agar anak muda terus melakukan inovasi, terutama di industri pertanian. Ia berharap agar minat menjadi petani dapat meluas di kalangan anak muda untuk sehingga regenerasi petani terus ada.


Namun demikian, ia tetap mengingatkan agar petani juga tetap peduli lingkungan dan dapat menciptakan lapangan kerja.


"Saya percaya apa yang dilakukan para petani muda organik ini bisa bergulir dengan cepat. Memunculkan berbagai inisiatif di kalangan anak-anak muda. Meluaskan minat menjadi petani, dan mendorong regenerasi petani Indonesia," kata Jokowi.


(thr/ain)

Loading...

Posting Komentar

0 Komentar