Deklarasi KAMI Dibubarkan Polisi saat Gatot Nurmantyo Pidato, Tapi Massa KITA Dibiarkan


Loading...

Deklarasi Koalisi Aliansi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Graha Zabalnur Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dibubarkan polisi, Senin (28/9/2020). Tindakan ini diambil polisi karena kegiatan tersebut tidak berizin.

Acara sempat berlangsung hampir satu jam saat polisi datang. Bahkan, saat itu tokoh KAMI, Gatot Nurmantyo juga sedang berpidato. Namun, tiba-tiba beberapa anggota polisi masuk dan meminta acara dihentikan.

Insiden ini sempat membuat para peserta kaget, termasuk Gatot. Namun, dengan berbesar hati, mereka membubarkan diri.

“Kita ingin sampaikan bahwa KAMI ini organisasi yang konstitusional. Kalau polisi minta dibubarkan, maka mari kita semua bubar. Jangan ada yang komentar. Ikuti arahan bapak polisi sebab mereka menjalankan perintah,” kata Gatot di hadapan peserta, Senin (28/9/2020).

Ajakan Gatot ini pun disambut pekik takbir puluhan peserta. Mereka lantas bubar dan meninggalkan ruang pertemuan dengan kawalan petugas. Sementara, Gatot dan beberapa tokoh KAMI langsung meninggalkan acara.

Pantauan iNews.id, kegiatan KAMI di Surabaya juga mendapat penolakan dari masyarakat. Sejak pagi, ratusan massa yang mengatasnamakan Koalisi Indonesia Tetap Aman (KITA) melakukan aksi demo, menolak deklarasi KAMI di Surabaya.

Aksi ratusan massa tersebut digelar di depan Gedung Juang 45, tempat rencana digelarnya deklarasi. Tak hanya itu, beberapa massa juga mendatangi tempat pertemuan tokoh KAMI di Graha Zabal Nur Jambangan, Surabaya.

Koordinator aksi, Edi Firmanto mengatakan aksi ini untuk menolak deklarasi kelompok tersebut lantaran dianggap hanya akan membuat gaduh. “Yang pasti kita menolak deklarasi dari KAMI,” kata Edi di lokasi.

Menurut Edi, jika KAMI dideklarasikan untuk kepentingan politik, maka bisa menunggu di tahun 2024 mendatang, tanpa perlu membuat gaduh. “Surabaya Adalah Kita. Kita siap mengawal dan menjaga Surabaya agar tetap aman, damai dan kondusif dalam bingkai NKRI dan Pancasila,” katanya. (ine)
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar