Mendagri : Air Wudu Tak Bisa Hilangkan Virus Covid-19


Loading...

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan air wudu yang dilakukan umat Islam sebelum melaksanakan salat tak dapat membunuh virus corona (Covid-19).

Tito menegaskan banyak hasil riset yang sudah dipublikasikan menyatakan mencuci tangan dengan air saja tak akan ampuh mematikan virus corona.

"Wudu itu air, airnya dalam penelitian tidak mematikan virus itu, karena air tidak menghancurkan lemak [virus corona]," kata Tito dalam acara Launching Gerakan 2 Juta Masker yang disiarkan di Kanal Youtube Livestreaming Kemendagri, Kamis (13/8).

Lebih lanjut, Tito menegaskan bahwa virus corona hanya bisa dibasmi dengan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. Ia menegaskan berbagai zat kimia yang terkandung dalam sabun ampuh untuk membunuh komposisi lemak yang menjadi salah satu komponen corona.

"Wudu boleh, saya juga wudu lima kali sehari, minimal. Kira-kira sampaikan ke kiai, sebelum wudu, cuci tangan pakai sabun dulu, baru wudu, itu bener mematikan virusnya," kata Tito.

Karena itu, Tito meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Ia pun meminta pemerintah daerah juga menyediakan sabun untuk cuci tangan di tempat-tempat umum.

"Ini perlu ada kebijakan pemerintah dengan sosialisasi, kenapa perlu penegakan cuci tangan," jelas Tito.
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar