Tiga Dewa di India Ini Sakit dan Harus Diisolasi, Umatnya Harus Melayani


Loading...

Selain punya Dewi Corona, umat Hindu India juga punya tiga Dewa bersaudara yang tak kalah unik. Mereka disebut bisa sakit dan mengisolasi diri.

Masyarakat India di Kota Puri di Odisha selalu memiliki jadwal yang padat. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020), padatnya kegiatan mereka pun tak lepas dari kegiatan pemujaan Dewa dan Dewi mereka.

Di Kuil Shri Jagannath misalnya, setiap tahun masyarakat di sana larut dalam kegiatan menyembah tiga Dewa bersaudara Jagannath, Balabhadra dan Subhadra. Menariknya, ketiga Dewa bersaudara ini tak ubahnya manusia.

Setiap bulan Juni, ketiga Dewa itu pun disebut harus mengisolasi diri dan mengambil cuti sakit. Hal itu rutin dilakukan ketiga Dewa bersaudara tersebut untuk menyucikan diri seperti diberitakan Atlas Obscura.

"Lima belas hari sebelum festival, ketiga Dewa tengah dikarantina karena tak enak badan," ujar Kirti Prakash Das Mahaputra, salah satu pemuja Dewa Jagannath di India.

Dikisahkan, momen mengisolasi diri mereka dilakukan sebagai persiapan untuk melakukan Festival Rath Yatra yang disimbolkan dengan sosok raksasa ketiganya yang berukuran 45 kaki (13,7 meter). Pada momen spesial itu, ketiga Dewa tersebut akan dibuat diorama raksasa seperti Ogoh-ogoh dan diarak keliling kota.

"Jagannath seperti kita, manusia. Ini adalah tugas kami untuk menjaga sang Dewa yang sakit. Kami memberi mereka makanan, obat dan minuman, seperti apa yang kami lakukan pada orang yang sakit," ujarnya.

Hanya akibat COVID-19 yang tengah terjadi, tahun ini festival tersebut harus dibatasi akibat lockdown. Kuil-kuil pun mendadak sunyi, tapi sejumlah pemuka agamanya tetap menjalankan ritual penting terkait tiga Dewa tersebut yang menimbulkan penyakit, isolasi dan kebangkitan kembali

"Biasanya ada ribuan orang yang datang menghadiri ritual pemandian, tapi tahun ini hanya sedikit umat yang datang," ujar Mahaputra. (dtk)
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar