Setelah Dimarahi, Menteri Jokowi Makin Aneh, Kini Jualan 'Jimat' Penangkal Corona


Loading...
Meski sudah pakai kalung anti corona, pak menteri masih pakai masker.

Tontonan para pejabat negeri +62 seperti stand up comedy. Kali ini Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menawarkan obat penawar virus corona Covid-19.

Menurut Yasin hasil penelitan dari kementeriannya, alat yang diproduksnya mampu menangkal virus corona.

Alat ini berbentuk semacam kalung yang dipakaiakan di leher seseorang. Kalung yang terbuat dari bahan kayu putih diklaim bisa mematikan corona.

"Ini antivirus hasil Balitbangtan, eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, 1 yang bisa mematikan Corona hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus," jelas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Jumat (3/7/2020).

Sontak pernyataan anak buah Jokowi ini mengundang reaksi warganet. Mereka tak habis pikir dengan ide menteri pertanian ini.

"Berkat kepemimpinan pakde @jokowi, Indonesia akan selamatkan dunia dari virus Corona!," sindir berlian @berlianidris.

"Jadi makin geli lihat pemerintahan skrg. Koq bisa ada kalung anti corona. Kalau mau gak waras jgn ajak2 orang donk kementan," cuit Haji Umar Syadat
@UmarAlChelsea75.

"Gak ngerti deh buat apaan coba kalung anti corona bisa buat warga yg kena corona sembuh? Pls, daripada uang ya buat tuh kalung, mendung uangnya digunain buat beli obat²an buat pasien," jawab @clouddy93.

"Habis Presiden marah, menterinya makin kreatif, ada yang jualan kalung dan pilkada anti korona,' komentar maijebing @MaiJebing.

Beberapa waktu lalu, sebuah kalung buatan Jepang mendadak viral di media sosial.

Usut punya usut, kalung berwarna biru tersebut ampuh menangkal virus lantaran memiliki kandungan senyawa kimia protein dan clorine dioxide.

Dengan iming-iming anti virus, tak sedikit orang yang lantas percaya dengan kesaktian kalung tersebut.

Seperti para artis Indonesia, mulai dari Nagita Slavina, Raffi Ahmad, Ruben Onsu, hingga Ayu Ting Ting, ikut mengenakan kalung itu di leher mereka.

Mengutip dari Nova.id, kalung yang mengklaim bisa menangkal virus itu ternyata hanyalah hoaks.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Mita melalui akun Instagram pribadinya @drmita.spkk.

"Konon kabarnya benda ini lahi naik daun, memanfaatkan "kepanikan" dan "ketidaktahuan" masyarakat, apapun dengan embel-embel anti virus pasti laris.. ternyata HOAX!!!!" tegas dr Mita.

"Oh si artis itu pake, aku juga pake ah... ya boleh aja sih beli, tapi ya gak usah mengharapkan apa-apa dari benda kalung so called (yang disebut) 'virus shut out ini' buat hiasan doang ya bolehlah," sambungnya.

Senada dengan dr. Mita, dr. Haekal Anshari pun mengutarakan hal senada.

Mengutip dari Kompas.com, dokter peremajaan kulit tersebut mengatakan bahwa kalung itu tidak memiliki manfaat apa pun.

“Tidak ada manfaatnya itu, bahkan bisa menyebabkan gangguan pada tubuh," ujar dr. Haekal.

Bahkan, dr.Haekal mengatakan, kandungan klorin pada kalung tersebut justru tidak baik untuk kesehatan tubuh.

"Klorin adalah senyawa yang digunakan untuk sterilisasi mulai dari sterilisasi air hingga kolam renang, klorin bisa menjadikan rabun pada manusia dan tergantung dari kadar tersebut," pungkasnya. (bbc)

Loading...

Posting Komentar

0 Komentar