Pakar IT Telusuri Akun BuzzeRp Penyerang Bintang Emon, Hasilnya Mengejutkan...!!!


Loading...

Pakar IT dan media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi menyatakan serangan negatif terhadap Bintang Emon usai kritik kasus Novel Baswedan di Twitter hanya dilakukan oleh tiga akun.

Ketiga akun yang menyerangan Bintang Emon adalah @Tiara61636212, @LintangHanita, dan @LiarAngsa.

Namun, dia mengaku kesulitan menelusuri histori dari ketiga akun tersebut karena sudah suspended. Dia juga mengatakan pihaknya tidak bisa menyimpulkan afiliasi dari akun tersebut.

"Serangan oleh 3 akun pada akhir tgl 14 Juni itu, langsung mendapat response (respons) dari public figure (tokoh publik), shg pd (sehingga pada) 15 Juni pagi lgs (langsung) viral," tulisnya.

Ketika masing-masing diexplore, semua menampilkan 5 postingan yang sama persis dan jam yang sama, antara 22:45 sd 22:49 WIB.

Ketiga akun itu saat analisis ini dibuat sudah "suspended" semua. Sehingga tidak bisa ditelusuri afiliasi dan historinya.

Dengan menggunakan kata kunci 'sabu' dan narkoba', ketiga akun itu diketahui hampir bersamaan menyerang Bintang Emon.

"Ketika masing-masing diexplore, semua menampilkan 5 postingan yang sama persis dan jam yang sama, antara 22:45 sd 22:49 WIB," ujar Ismail lewat akun Twitter, Selasa (16/6).

Narasi yang dicuitkan berupa isu negatif terkait Novel Baswedan dengan menerakan akun @bintangemon. Ia mencuitkan soal pencurian sarang burung walet oleh Novel yang menelan korban jiwa.

Sementara dua narasi lain menyebut komika Emon menggunakan narkoba untuk menjaga stamina. Ia pun mencuitkan kalau Emon gelisah jika di tes urin oleh aparat.

Belakangan, Bintang melakukan tes urin untuk membuktikan kalau dirinya tak mengonsumsi narkoba.

Sementara itu, selain ketiga akun tadi, meme yang dicuitkan akun @Hilmi28 menjadi gambar yang paling banyak dibagikan di Twitter.

Gambar ini berisi meme yang menuding Emon menggunakan narkoba. Meme inilah yang menurut Ismail membuat kasus Emon diserang buzzer dengan isu narkoba lantas menjadi viral.

Setelah ketiga akun itu berkicau, Ismail menyampaikan warganet hingga publik figur langsung beraksi sehingga menyebabkan perbincangan soal Bintang Emon menjadi viral. Dia mengatakan kenaikan signifikan terjadi hanya dalam waktu semalam.

"Tampak pada 14 Juni percakapan masih sangat rendah. Baru pada 15 Juni pagi naik pesat. Pukul 04:25 akun @ramydhia membuat thread ttg @bintangemon. Lalu disambut @pandji  pada 07:21, dan @Arie_Kriting 07:38. Viral sd malam," ujar Ismail.

Di sisi lain, Ismail menyampaikan ada yang menarik dalam peta percakapan tentang Bintang Emon. Dia menyampaikan jumlah sub cluster pro oposisi sangat kecil.

"Yang besar adalah cluster netizen dan para public figure yang menjadi top influencers mereka. Ada @TretanMuslim, @ernestprakasa, @mardiasih, @ficofachriza_ dll," ujar Ismail.

Ismail menyampaikan pihaknya menggunakan metode 'raw data' dalam menusuri ketiga akun yang diketahui pertama kali menyebar meme fitnah terhadap Bintang Emon. (jps/eks)
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar