Jubir Luhut Koar-koar di Media Sebut Rizal Ramli Takut, Ternyata Faktanya Seperti Ini...


Loading...

Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi buka suara soal tantangan debat yang dideklarasikan oleh ekonom senior Rizal Ramli.

Rizal ingin melakukan debat terbuka dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, salah satunya soal utang luar negeri.

Jodi mengatakan pihaknya sebetulnya sudah siap dan terbuka untuk melakukan debat.

"Kan ini juga udah kita undang dia nggak datang, padahal kan kita terbuka kok," kata Jodi ditemui di kantornya, Kamis (11/6/2020).

Pernyataan tersebut dibantah langsung Rizal Ramli. Ia menyatakan tidak akan hadir dalam perdebatan yang jadwalnya diubah seenaknya oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dari sebelumnya hari ini menjadi 24 Juni 2020.

"Ya enggaklah (Rizal Ramli tidak akan hadir). Itu mah ngawur, (keputusan) sepihak," katanya kepada Kompas.com, Kamis (11/6/2020).

Sementara itu, pihak Luhut pun merqsa keberatan dengan konsep debat yang diajukan Rizal.  Menurut Jodi format yang disiapkan pihak Rizal membuat debat bagaikan acara tinju di atas ring. Menurut Jodi, pihaknya tidak ingin hal itu terjadi karena pemerintah niatnya berdiskusi yang membangun.

"Itu kan dari promotornya, kita sih nggak mau nunjuk promotor, emang petinju apa kayak Don King pakai promotor," kata Jodi.

"Kalau mau kita diskusi konstruktif, banyak masukan. Kita sama-sama lah, kan kita niatnya nggak nyari panggung, ini cari solusi bukan cuma debat-debat doang tapi nggak ada solusi dan jatuhkan satu pihak," lanjutnya.

Perlu diketahui, Luhut pernah menantang kepada pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya. Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona atau Covid-19.

Rizal Ramli pun menyatakan kesiapannya pada Rabu (10/6/2020). Selain itu, dia meminta dalam debat nanti turut menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan tim kabinet ekonomi saat ini. (dtc/kmp)
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar