Tanpa Sengaja, Media Asing Bongkar Jumlah TKA China di Morowali


Loading...
Tanpa Sengaja, Media Asing Bongkar Jumlah TKA China di Morowali

Media asing menyoroti ribuan pekerja asal China yang dikarantina di sebuah pabrik di Morowali untuk mencegah penyebaran virus Corona Wuhan.

Seperti dipantau, Jumat (31/1/2020), media Prancis France24 menurunkan judul Thousands on Virus lockdown at China-backed Plant in Indonesia yang jika diartikan Ribuan Orang Dikarantina dalam Pabrik China di Indonesia untuk Mencegah Penyebaran Virus.

Dalam laporannya, France24 menyatakan lebih dari 40 ribu pekerja di kompleks industri yang dikuasai China di Indonesia telah dikarantina karena khawatir dengan penyebaran virus Corona mematikan yang telah menewaskan lebih dari 200 orang di China.

Sebelumnya, Menteri Hanif pernah mengatakan jumlah TKA China di Morowali hanya 3000 orang.

"Tenaga kerja China yang ada di Indonesia sebagian besar adalah tenaga kerja China yang muncul sebagai konsekuensi adanya investasi dari sebuah negara," kata Hanif dalam keterangan tertulis, Jumat (25/1/2018).

Tapi, lanjutnya, jumlah pekerja China di sana tidak sampai 90% seperti yang diberitakan. Hanya 10,7% saja dari total lapangan pekerjaan untuk 28 ribu pekerja yang disediakan investor. "Dari 28 ribu lapangan kerja yang tersedia, tiga ribu orang diisi tenaga kerja dari Cina dan 25 ribu orang atau sebagian besar diisi oleh tenaga kerja Indonesia," jelasnya.

Loading...

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Berbohong itu dosa gk tobat bisa masuk neraka

    BalasHapus
  2. Bpk gk merasakan tp kita tetap bersyukur Allhamdulillah tdk ada harta yg kita peetanggung jawabkan nanti di akherat

    BalasHapus