Gara-gara Corona, Jokowi Anggarkan Rp72 Miliar Untuk Buzzer


Loading...

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan beragam insentif untuk mengerek sektor pariwisata Tanah Air. Hal itu disebabkan sederet dampak negatif yang ditimbulkan penyebaran virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan ada sejumlah insentif untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 298,5 miliar. Perinciannya alokasi untuk maskapai dan travel agent Rp 98,5 miliar, anggaran promosi Rp 103 miliar, dan kegiatan turisme Rp 25 miliar.

"Dan influencer (buzzer) sebanyak Rp 72 miliar," kata Airlangga dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambahkan untuk wisatawan dalam negeri akan diberikan insentif Rp 443,9 miliar dalam bentuk diskon harga tiket 30%. Diskon itu berlaku untuk 25% jumlah seat dari pesawat yang hendak menuju 10 destinasi wisata.

Kemudian, lanjut Sri Mulyani, pemerintah menihilkan pajak hotel dan restoran di 10 destinasi wisata dari Danau Toba hingga Manado. Sebagai gantinya, pemerintah akan memberikan subsidi atau hibah ke pemerintah daerah terdampak senilai Rp 3,3 triliun.

"Dalam APBN akan ada Rp 147 miliar DAK fisik pariwisata yang saat ini belum mampu digunakan daerah akan dikonversi ke hibah sehingga daerah bisa memacu pariwisata," ujar Sri Mulyani.
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar