Pasukan Kecebong Panik! Mulai Adu Domba Anies - Sandi


Loading...


Sepak terjang Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam membongkar kebusukan era gubernur sebelumnya membuat panik banyak pihak. Cara-cara licik pun dilancarkan. Mulai dari fitnah hingga adu domba.

Salah satunya berita tentang testimoni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal mahar politik, digoreng menjadi hoaks dan disebar.

Oleh blog-blog clickbait pasukan kecebong, berita itu diubah seolah Anies menyerang wakilnya, Sandiaga Uno.

Salah satu blog kurang kecebong kurang piknik yang mendisinformasi berita Anies soal mahar politik ialah republiknkri.net.

Situs itu membuat judul, Anies Baswedan: Pak Sandi Bilang Habis Rp 108 Miliar di Pilkada DKI, Mungkin Dia Kurang Tidur, Begini Penjelasan Anies.

Ketika hanya membaca judul tersebut, siapa pun akan berpikiran bahwa Anies menyerang wakilnya, Sandiaga Uno.

Nah, dalam tulisan yang dibuat blog republiknkri.net itu, ternyata tidak ada statement atau kutipan langsung dari Anies yang mengatakan bahwa wakilnya kurang tidur.

Tulisan dari blog tersebut justru berasal dari portal berita Kompas. Judul berita aslinya, Anies: Tak Ada Mahar pada Pilkada DKI. Kemarin Itu Iuran.

Berita tersebut diunggah pada 12 Januari 2018. Ketika itu Anies yang berada di balai kota diwawancara oleh media terkait dengan pernyataan La Nyalla Mattalitti yang merasa dimintai uang oleh Partai Gerindra sebagai mahar politik untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Timur.

Meski tulisan yang dibuat republiknkri.net itu mudah dikenali sebagai kabar ngawur, kenyataannya tetap ada yang mempercayainya. Terutama pihak-pihak yang masih sakit hati karena junjungannya kalah dan masuk penjara.

Dari pencarian yang dilakukan di Facebook, kecebong bersukaria membagikan tautan hoax itu sembari berkomentar sinis.

Mirisnya, karena situs kecebong tersebut dianggap berjasa menjelek-jelekkan pihak oposisi, maka hingga sekarang tidak diblokir Kominfo. (gun/c20/fat/rp)
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar