Naudzubillah... Seratus Gempa Terjadi Bersamaan di Dunia Tadi Malam


Loading...

Gempa yang tadi malam ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia.

Menurut data BMKG, gempa mengguncang sejumlah daerah di Pulau Jawa, Jumat (15/12/2017) malam ini.

Di akun Twitternya, @infohumasBMKG, BMKG memberikan peringatan, "Peringatan dini tsunami di Jabar, DIY, Jateng. Gempa dengan magnitude 7,3 SR, terjadi pada 15 Desember 23.47 WIB."

BMKG menambahkan, pusat gempa berada di koordinat 8.03 LS, 108.0 4BT. "Kedalaman 105 km."

Beberapa portal berita dunia juga merilis terjadinya gempa di beberapa belahan dunia secara bersamaan. Titik gempa terbanyak berada di Amerika Serikat. Belum ada laporan pasti tentang kerusakan yang diakibatkan gempa di beberapa negara di seluruh dunia.

Sementara itu, korban tewas akibat gempa yang mengguncang dua kali dengan magnitudo 4,5 dan 6,9 di Pulau Jawa, Jumat (15/12/2107), bertambah menjadi dua orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, menyebutkan, dua korban meninggal dunia adalah Hj Dede Lutfi (62), warga Desa Gunungsahari, RT 04 RW 02, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, dan Aminah (80), warga Sugihwaras Gg 1, RT 02 RW 18, Kelurahan Kauman, Kota Pekalongan.

"Kedua korban meninggal tertimbun tembok yang roboh akibat gempa. Korban luka semua dirujuk ke rumah sakit setempat," kata Sutopo, Sabtu (16/12/2107).

Selain korban jiwa, gempa juga menyebabkan tujuh warga terluka dan ratusan rumah rusak. Sutopo menyebutkan, jumlah rumah rusak dan roboh sebanyak 43 unit, rusak sedang 65 unit dan rusak ringan 10 unit. Beberapa bangunan publik juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Data gempa yang terjadi di seluruh dunia, diambil dari google :

(bbs) 
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar