Kejinya Fitnah Keji Pasukan Kotak Kotak Terhadap Sandi, Kok Dibiarin ya?


Loading...

Sebuah artikel dari blog breakingnewsterkini.blogspot.co.id disebar di sejumlah grup WhatsApp.

Menggemparkan!! Pukul 10.00 pagi tadi,,, KPK dan Polisi grebek rumah Sandi Uno terkait kasus korupsi dari 600 rumah sakit dengan nilai fantastis 194 miliar,,,,ternyata dibalik wajah santunnya dia ! Breaking News.

Kalimat yang dicetak tebal (bold) tersebut tentu sangat eye-catching. Ketika link itu diklik, Anda akan diarahkan ke sebuah artikel yang di dalamnya terdapat sebuah foto penyelidik KPK sedang melakukan penggeledahan di sebuah rumah.

Jawa Pos langsung bisa mendeteksi bahwa informasi itu hoaks. Sebab, foto yang dipasang bukan rumah Sandiaga Uno atau Sandi Uno.

Rumah itu merupakan tempat tinggal Gubernur (nonaktif) Sulawesi Tenggara Nur Alam di Jalan Mikasa D2, Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Nur Alam memang terjerat perkara dan ditangani KPK. Rumahnya pernah digeledah sesaat setelah dia ditetapkan sebagai tersangka pada 23 Agustus 2016.

Entah bagaimana ide menjadikan foto rumah Nur Alam itu sebagai hoaks untuk Sandiaga Uno. Padahal, Sandi tidak pernah ngontrak atau ngekos di rumah Nur Alam.

Dari penelusuran Jawa Pos, blog breakingnewsterkini tersebut mencomot foto portal berita tempo.co. Pencomotan itu dilakukan dengan cara screenshot. Itu bisa dilihat dari nama file foto di breakingnewsterkini.

Foto yang sama pernah dijadikan bahan hoaks, tapi korbannya partner Sandi, Anies Baswedan. Saat itu ada informasi hoaks yang disebarkan bahwa KPK menjemput paksa Anies Baswedan di rumahnya karena tersandung korupsi dana Frankfurt Book Fair.

Informasi hoaks serupa sebenarnya mulai menyebar menjelang putaran kedua pilkada DKI Jakarta pada 20 April lalu.

Bukan hanya blog breakingnewsterkini.blogspot.co.id yang menyebarkan. Ada pula blog-blog lain yang kepemilikannya sulit dideteksi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah memastikan tak ada penggeledahan rumah Sandiaga Uno. ’’Udah saya cek. Tidak benar informasi itu,’’ katanya.
Loading...

Posting Komentar

0 Komentar